Senin, 31 Oktober 2022

3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2




Tujuan Pembelajaran Khusus:

  • CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  • CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  • CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  • CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.


ANALISIS VIDEO PRAKTIK BAIK

Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Setelah mencermati tayangan video tentang praktik baik yang dilakukan guru dalam memanfaatkan sumber daya sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, menurut saya visi dari sekolah SDN Cipanas Kota Serang, adalah "Mewujudkan Merdeka Belajar Dalam Lingkungan Yang Nyaman Dan Menyenangkan Menuju Karakter Profil Pelajar Pancasila".

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahannya adalah "Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar"



Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?


Pertanyaan utamanya adalah "Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan 

untuk belajar?"



Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:


        B - Buat Pertanyaan 

    • Guru mengajak rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan yang akan dilakukan dan akan dilakukan di kelas.
    • Guru menuliskan pertanyaan pemantik di papan tulis tentang Penyemangat Belajar
    • Guru bertanya kepada murid tentang apa yang muncul di pikiran murid tentang tulisan di papan tulis "Penyemangat Belajar"
    • Guru bertanya kepada murid tentang apa yang mereka sukai dari kelas mereka.

A - Ambil Pelajaran

    • Guru mengajak murid berkunjung ke kelas 2 dan kelas 6 saat jam istirahat.
    • Guru membagi murid menjadi empat kelompok.
    • Masing-masing kelompok melihat-lihat suasana kelas yang mereka kdikunjungi dan mencatat hal-hal yang mereka temui di kelas tersebut.
    • Murid-murid bertanya kepada murid kelas 2 dan kelas 6 yang ada di kelas tentang apa yang mereka sukai dari kelas mereka.
    • Guru mengajak murid berdiskusi dalam kelompok tentang apa yang mereka lihat dan mereka sukai dari kelas yang sudah dikunjungi, serta memberikan alasannya.

G - Gali Mimpi

    • Guru membagikan alat dan bahan yang sudah disiapkan untuk masing-masing kelompok.
    • Guru memberi waktu dua menit dan mengajak murid menutup mata untuk membayangkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan serta menjadi penyemangat dalam belajar. 
    • Guru meminta murid menggambarkan kelas yang tadi dibayangkan, yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan yang menjadi penyemangat belajar mereka.
    • Murid bekerja dalam kelompok menggambar kelas yang nyaman sesuai dengan yang mereka bayangkan.
    • Murid mempresentasikan kelas impian mereka di depan kelas.
    • Guru mengambil penilaian saat murid melakukan presentasi. 

J - Jabarkan Rencana

    • Guru bersama-sama murid membuat daftar apa saja yang akan dilakaukan untuk membuat kelas impian.
    • Murid secara bergantian mengungkapkan pendapatnya.
    • Guru menulis pendapat murid di papan tulis.

A - Atur Eksekusi

    • Murid diberi kesempatan berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok.
    • Guru bersama dengan murid mendiskusikan waktu pelaksanaannya.
    • Guru meminta murid menyiapkan alat dan bahan untuk mewujudkan kelas impian.
    • Guru memberikan motivasi dan dorongan semangat kepada murid.
    • Murid bekerja bersama sesuai tugas masing-masing kelompok dengan bantuan dan pengawasan guru.

 

Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?


Sebagai pemimpin pembelajaran, guru sebagai motivator dan fasilitator bagi muridnya untuk

berkembang, dengan mengajak murid dengan pendekatan asset based thinking, Peran guru yang

tampak dalam video tersebut menggambarkan guru sebagi organisator, dengan menciptkan proses

belajar yang menyenangkan dan berpikir untuk menciptakan dan mewujudkan kelas yang nyaman dan

menyenangkan.


Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

  • Modal manusia : Guru, teman sejawat, dan murid yang aktif, kreatif, untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
  • Modal fisik : Ruang kelas yang bisa dibuat menjadi kelas yang menyenangkan, dan ruang kelas lain yang dapat dijadikan sumber inspirasi.
  • Modal Sosial (guru di sekolah tersebut saling mendukung dan berkolaborasi dalam komunitas praktisi, begitu juga dengan pada murid memiliki kemampuan bekerja sama dalam kelompok dalam mewujudkan kelas sebagai lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.
  • Modal lingkungan/alam : Beberapa bahan alam yang  bisa digunakan untuk menghias kelas, seperti daun kering, biji-bijian, dll.
  • Modal finansial : Menggunakan beberapa kertas, lem, dan alat kebutuhan lainnya yang disediakan oleh sekolah, di mana kebutuhan tersebut dibeli menggunakan anggaran sekolah.

Berpikir positif untuk sebuah perubahan akan menciptakan lingkungan yang positif 

Salam Bahagia!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo Dipriksani

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

  PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA   Setelah pembelajaran hari ini saya memahami bahwa…. Sekolah ibarat sebagai sebuah ekosistem a...